Skip to content

Keseruan Menjelajah Ruang Angkasa Dalam Film Star Trek: The Motion Picture

Film stra trek: the motion picture ini merupakan lanjutan serial dari film serial pertama star trek: the original series. Film fiksi ilmiah dari amerika serikat ini dibikin oleh Paramaount Pictures di tahun 1979. Film yang disutradarai oleh Robert Wise ini dirilis pertama kali pada tanggal 7 desember 1979. Kisah film yang berdurasi 132 menit ini berawal ketika sebuah pemantau Starfleet menemukan adanya alien yang sedang bersembunyi di dalam awan besar yang bertenaga tinggi dan awan itu sedang mengarah ke bumi. Melihat situasi genting tersebut, di bumi masih belum menyiapkan segalanya. USS enterprise masih dalam tahap renovasi dan kapten james sudah diajukan untuk menjadi admiral di San Fransisco yang bertugas sebagai Kepala Operasi Starfleet. Meskipun demikian, starfleet masih memerintahkan USS enterprise untuk tetap menyelidiki tentang awan itu. Merasa pengalaman yang dimiliki lebih banyak, Kapten James ingin mengambil alih kepemimpinan penyelidikan tersebut. Kapten Decker merasa direndahkan dengan pengakuan kapten james tersebut. Suasana tidak cocok tersebut semakin memanas saat sikap kapten James tidak seperti biasanya.

Misi untuk penyelidikan awan tersebut akhirnya dilaksanakan. USS enterprise berhasil menghadang awan raksasa yang mengandung energi tersebut. Penyerangan antar kedua kubu tidak bisa dielakkan. Sebuah pemantau masuk menyelinao ke bilik pesawat dan menyerang Spock dan berhasil membawa kabur Ilia, sang navigator pesawat. Dikarenakan Llia sudah dicuik, akhirnya posisi navigator pesawat digantikan oleh robot yang dikirim oleh Vger guna mempelajari semua tentang USS Enterprise. Sedihnya lagi, Llia yang diculik dikabarkan telah meninggal dunia. Kapten decker tidak bisa menyembunyikan kesedihannya atas matinya orang yang sangat dicintainya. Spock berjalan mengenakan pakaian luar angkasa mengarah pada posisi v ger. Setelah menjumpai V ger dia mengetahui bawah awan tersebut ialah mesin hidup yang dikontrol oleh sekelompok orang dengan cara jarak jauh. Dengan berbagai usaha yang dilakukan, akhirnya tim USS enterprise berhasil menyelamatkan bumi dari serangan awan tersebut. Sementara itu, kapten James kembali melaksanakan misinya yang lain.

Di dalam film ini, dibintangi oleh beberapa aktor dan aktri ternama hollywood. Diantaranya ialah William Shatner yang mempunyai peran sebagai Kapten USS Enterprise, James T Krik. Pada tahun 1978 di sebuah acara konferensi pers, seorang wartawan bertanya pada william tentang menjadi seorang aktor. Dia menjawab bahwa totalitas dari seorang aktor merupakan hal yang sangat penting. Selanjutnya ada nama Leonard Nimoy yang berperan sebagai Spock, seorang petugas sains USS Enterprise. Pada awalnya, Nimoy tidak berkenan untuk bergabung bersama yang lain untuk menggarap film ini. Akan tetapi mengingat betapa pentingnya peran dari Nimoy, akhirnya stradara Robert Wise kembali menemui Wise dan membayarnya dan bisa ikut berpartisipasi dalam pembuatan film tersebut. Kemudian ada DeForest Kelley yang berperang menjadi Leonardo McCoy. Leonardo ialaha seorang kepala bagian medis di USS Enterprise. Karena merasa peran yang kurang menonjol dalam film tersebut. Dia dan karakter lain yang kurang menonjol, yakni Nimoy dan Shatner mengajukan banding pada sutradara, akan tetapi permohonan itu dikabulkan. Nama James Doohan juga tidak ketinggalan mengisi susunan artis dalam film ini. James berperan sebagai Montgomery Scott, seorang kepala bagian mesin di USS Enterperise. Hampir sama seperti kelley, James juga merasa kurang menonjol dalam film ini. Karena adegan yang diperankannya hanya sedikit.